Friday, 28 July 2017

Siapa Sebenarnya Sosok Nenek Kebayan?


Cerita nenek Kebayan berasal dari Malaysia, dia dipercaya oleh masyarakat di Malaysia sebagai sosok makhluk halus yang suka tinggal dirumah tua atau rumah-rumah yang takk berpenghuni. Tempat yang disukai oleh nenek Kebayan yaitu diatas plafon rumah.

Sosok nenek Kebayan merupakan seorang wanita tua dan renta, memiliki rambut yang putih karena ditumbuhi uban, dan rambutnya terlihat acak-acakan. Seperti halnya wanita tua lainnya, nenek Kebayan juga memiliki kulit yang keriput dan kendur, dan yang paling menakutkan adalah matanya yang terlihat berwarna merah. Nenek Kebayan juga mengenakan pakaian tidur yang lusuh dan berwrna putih.

Masyarakat disana beranggapan bahwa sosok nenek Kebayan akan senang dan akan menempati rumah yang jarang dibersihkan atau ditinggali, dan jika dia merasa betah dia akan menetap diplafon rumah itu dengan waktu yang lama. Jika dia berada diatas plafon rumah, dia akan mengintip dari celah-celah plafon kamar tidur dan jika tengah malam tiba, dia akan turun dari plafon dan berkeliling mengitari seluruh ruangan didalam rumah tersebut.

Jiika nenek Kebayan kebetulan ada ditempat anda, sebaiknya anda berdoa agar tidak terbangun ditengah malam. Dan jika kamu berpura-pura tidur maka dia akan engetahuiya dan akan memperhatikan kamu lalu mendekati secara perlahan. Tak hanya sampai disitu, dia juga akan duduk dan berbaring disampingmu dengan posisi wajahnya mengahadap kewajahmu menunggu matamu terbuka. Jika kamu membuka mata, dia akan berteriak sepanjang malam dengan suaranya yang sangat menyeramkan.

Kabar lain menyebutkan bahwa sosok nenek Kebayan ini jika siang hari akan berubah wujud menjadi sosok wanita tua yang sangat jelek dengan rambut putih yang urakan, serta berjalan dengan membungkuk sambil memegangi tongkat ditangannya. Tapi jika malam hari dia akan berubah menjadi sosok wanita cantik.

Di Malaysia cerita nenek Kebayang memiliki banyak versi, ada yang menyebut nenek Kebayan adalah sosok yang baik dan menyukai anak kecil, ada juga yang menyebukan bahwa nenek Kebayan adalah sosok yang jahat yang suka menangkap anak-anak. diluar daripada itu semuanya hanyalah urban legend saja yang mana kepercayaan terhadap cerita tersebut berada pada diri kita masing-masing.
Load disqus comments

0 komentar