Sunday, 30 July 2017

Danau Natron, Danau Yang Mampu Memumikan Makhluk Dengan Sempurna




Danau Natron merupakan danau yang memiliki kandungan atau kadar garam yang sangat tinggi, airnya memiliki Ph hingga 10,5 sebegitu kaustiknya danau tersebut hingga mampu membakar kulit yang tidak mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Tidak hanya kandungan airnya yang ekstrim, namun suhu airnya pun bisa mencapai 60 derajat celsius.

Danau ini diberi nama Natron (natrium karbonat dekahidrat) salah satu mneral yang digunakan oleh orang mesir kuno untuk mengeringkan organ tubuh selama proses mumifikasi mayat atau proses pembuatan mumi.
Tingginya kandungan mineral yang terdapat pada air danau tersebut membuat hewan yang tercebur didalamnya akan mati dan mengeras seperti batu, hal ini bisa kita bayangkan se ekor hewan yang tercebur kedalam adonan semen. Hal tersebut diakibatkan oleh kondisi suhu danau yang kadang-kadang bisa meningkat menjadi 60 derajat, serta alkalintasi yang tinggi akibat  abu vulkanik dari lembah Great Rift.

Disana banyak dijumpai bangkai-bangkai hewan yang sudah mati dan mengeras layaknya batu. Hewan yang banyak dijumpai yaitu jenis burung, kelelawar dan hewan-hewan kecil lainnya. Satu-satunya hewan yang mampu bertahan hidup dilingkungan danau Natron adalah alkaline tilapia jenis ikan serupa nila yang hidup disepanjang tepi danau yang airnya kurang asin.

Sampai saat ini masih belum diketahui bagaimana bisa burung dan kelelawar tersebut bisa terpancing untuk mendekati dan bercebur kedalam danau tersebut hingga mati dan mengeras bagaikan batu.
Load disqus comments

0 komentar